Jumat, 19 Desember 2008

TEMA 1

ANOTHER PRODUCT FROM GOOGLE
Setelah google mail,google blog,google video,google docs,google calender,google talk,bla bla bla....yang mana product tersebut mengharuskan user menggunakan browser seperti Internet Explorer,Firefox,Safari dan lain-lain.Nah sekarang,google membuat browser sendiri yang namanya” ...”GOOGLE CHROME”...



Google kembali merambah wilayah kekuasaannya,kali ini mereka sedang mempersiapkan internet browser baru yang dapat menyaingi popularitas firefox,berlisensi opensource dan memilki kemampuan yang mampu memenuhi kebutuhan aplikasi web yang sudah sangat tinggi.
Google melaunching web browser baru buatannya yang dinamakan Chrome (beta version ), dengan hadirnya browser baru ini semakin banyak pilihan yang bisa didapat oleh surfer dalam menjelajah internet. Dengan hadirnya browser ini, maka sudah bisa ditebak lagi bahwa Google betul-betul mendominasi dunia internet. Setelah mengeluarkan Google Reader dan kemudian melaunching Google Knol ( tandingan wikipedia ) Google bereksperimen lagi dengan mengeluarkan browser nya sendiri.

Hohoho,apakah anda tertarik dengan Chrome???Bisa di download gratis di www.google.com/chrome dan juga ada tips dan trik untuk Chrome.
Biarpun masih beta,tapi bagi aku chrome itu funky abiz,hehehehe,tampilannya minimalis banget,,nieh,,aku posting fotoQ dengan lepi kesayangan yang di dalamnya ada browser google chrome loh,,and aku selalu setia pake browser itu kalo mau browsing apa aja,,hehehehehe....

KELEBIHAN DARI GOOGLE CHROME
Google Chrome sendiri adalah browser yang dibuat dengan desain praktis agar Anda dapat mengakses Web dengan lebih cepat, mudah, dan aman. Beberapa kelebihan Google chrome yang sempat terekam adalah :
-Google Chrome sangatlah cepat
Dengan konsep minimalis yang di punyai nya , chrome bisa melaju lebih cepat dari IE, bahkan dari FF juga.

-Google Chrome irit memory
Bila dalam IE atau FF menutup tab tidak selalu berarti membebaskan memory, dalam Chrome berlaku sebaliknya. Tab yang ditutup oleh chrome otomatis juga membebaskan memory yang di pakai oleh tab tersebut sehingga memory pun menjadi lebih terjaga.Browser memakai memori dibawah 20MB dan per-tab 4-20 MB.


-Google Chrome sangat efficient
Dalam Chrome, cukup ketik keyword di bar yang sekaligus address bar maka akan tersambung langsung dengan Google Search.


-Google Chrome sangat stabil
Dengan system tab yang di punyai nya, apabila ada satu tab yang bermasalah ( crash ) tidak akan bersinggungan dengan tab lain nya karena masing-masing tab mempunyai memory tersendiri. Sistem anticrash yang lebih bsik dengan sistem alokasi memori per-tab,jadi apabila ada tab yang dibuka crash,chrome hanya akan menutup tab tersebut,bukan 1 browser seperti pada browser-browser lainnya.


-Google Chrome adalah open source browser
Sistem antiphising dijanjikan Google akan lebih baik atau setidaknya sama dibanding browser lainnya.


-Tempat yang digunakan untuk mengetik alamat situs (browser address) bisa berfungsi sebagai search.


-Chrome juga meningkatkan keamanan demi kenyamanan pengguna antar lain seperti memperingatkan pengguna apabila akan memasuki situs yang tidak aman serta mem-blacklist phising dan malware.


-Minimalis dan tepat guna
-Google Chrome menyediakan fitur “Recent bookmarks”memudahkan pengguna untuk mengakses kembali halaman situs yang sudah di bookmark.
-Secara tampilan,sangat smooth,sleeky dan simple khas google.



Beberapa kelebihan yang diunggulkan google diantaranya:
-Menggunakan engine google gears yang selama ini menjadi cikal bakal chrome,dan merupakan plugins yang dapat dinikmati di firefox.
-Menggunakan Javascript Virtual Machine bernama V8 yang bertujuan mempercepat proses loading javascript yang semakin dominan dalam aplikasi online.
-Menggunakan speed dial seperti di browser opera.
-Memiliki privacy mode bernama incognito yang artinya bila user memakai mode tersebut segala aktifitasnya di browser tidak akan terekam,tujuannya untuk menjaga kerahasiaan saat mengakses sebuah situs,tapi sisi negatifnya dianggap sebagai porn mode,karena akses di window incognito tidak terlacak oleh pengguna komputer yang sama.
-Aplikasi online akan dibuka menggunakan window tersendiri sehingga seakan menjalankan aplikasi dekstop biasa,konsep ini sama dengan proyek prism yang
Tengan terus dikembangkan mozilla.
- Secar rutin memiliki fitur auto download untuk mengupdate alamat-alamat situs yang dianggap sebagai sumber phising,spam atau virus.
-Memiliki task manager yang dapat menunjukkan situs mana yang memakan banyak memori komputer dan situs mana yang lambat dibuka serat berbagai informasi lainnya.

Walaupun Google Chrome mempunyai banyak kelebihan, sebagai browser baru Chrome tentu saja mempunyai kelemahan sebagai berikut :
-Google chrome masih sulit untuk di download
Untuk mendowloandnya saya butuh 3x usaha
-Google Chrome mempunyai tampilan yang minimalis
-Bagi yang seneng dengan kelengkapan, Chrome tampaknya tidak disukai dengan konsep minimalisnya
-Chrome belum banyak yang mensupport
-Google Chrome sebagai browser baru tentu belum banyak yang mensupport add on nya.
-Google Chrome bookmarking management yang ruwet
Serba manual, belum ada drag and drop
-Google Chrome masih belum support selain Windows
-Tidak (belum) add-on seperti Mozilla firefox
- Security yang masih ada celah seperti layaknya Safari,sehingga tidak cocok untuk digunakan untuk transaksi keuangan di internet.
-Karena masih beta,kemungkinan masih ada bug yang bisa membuat sistem Windows sistem Crash
-Hanya tersedia versi Windows XP & Vista saja
-Untuk setiap tab yang dibuka,chrome selalu mengalokasikan memori sendiri,sehingga jangan kaget kalau netter melihat Windows Task Manager (ctrl+alt+del).akan banyak pemakaian memory untuk chrome kalau netter membuka banyan Tab.
-Sistem RSS Feed pada Chrome masih ada bug,jadi belum berfungsi seluruhnya.


RAHASIA TERSEMBUNYI DARI GOOGLE CHROME
-‘Incognito’window (control+Shift+N)
Fitur ini memungkinkan netter untuk browsing secara aman lewat windows browser,karena dengan fitur ini netter tidak akan meninggalkan jejak seperti ‘browser & search history’ dan cookies.Jadi kalau netter tidak yakin akan situs yang dikunjungi atau tidak ingin arang lain di tempat kerja tahu netter mengunjungi sebuah situs,fitur ini tentu berguna.
-Alt + Home atau Control + T
Menampilkan semua situs dan bookmark yang pernah dibuka oleh netter sebelumnya dalan bentuk thumbnail.Fitur ini terdapat pada browser Opera dan add pada Firefox.alt+Home untuk membuka situs pada halaman yang sama,sedangkan Control + T pada halaman baru.
- Control + shift + T
Membuka kembali tab yang tidak sengaja ditutup oleh netter ketika browsing.Google Chrome bisa mengingat hingga 10 tab yang tidak sengaja ditutup.
-Control + Tab ( control + shift + Tab)
Cobalah menggunakan shortcut ini untuk berpindah tab dengan cepat,Control + Tab untuk maju dan Control + Shift + Tab untuk mundur.Cara lainnya untuk langsung ke posisi yang dituju secar urut adalah dengan shortcut Control + 1,Control + 2 hingga Control + 9.
-Membuka Link situs denga cepat
Untuk membuka link situs dengan cepat,Google Chrome menyediakan fitur yang sama dengan Firefox 3,yaitu dengan klik pada mouse scroll atau netter langsung klik dan link ke tab browser.
-Bookmark situs dengan cepat
Klik tanda bintang pada bagian kiri dari address bar dari browser.Address bar Chrome juga bisa langsung berfungsi sebagai search page yang langsung ke search engine yang kita inginkan.
-Control + B
Hilangkan an tampilkan Bookmark browser dengan cepat
-Control + H
Buka semua situs yang pernah dikunjungi (history) dengan cepat.Pada bagian kanan ada pilihan delete history for this day,kalau netter ingin menghapus history situs yang pernah dikunjungi pada hari tersebut.
-Control + J
Buka woindows download file.Shortcut ini sama seperti pada Firefox.
-Shift + Escape
Buka task manager Google Chrome dengan cepat untuk melihat pamakaian memori dan untuk mematikan tab yang berpotensi membuat browser freeze (hang)
-About : plugins & about :crash
Masukkan kata-kata about:plugins pada address bar untuk melihat plugins apa saja yang terinstall pada chrome.Dan about:crash untuk melihat tab mana yang membuat Chrome crash,freeze atau hang.Fitur lainnya:about:stats,about:network,about:hstograms,about:memory,about:cache,about:dns,about:internets.
-Akses menu pada Chrome
Netter bisa mengakses menu-menu untuk meng-customize ataupun optimize pada bagian kanan pada browser.Pilihlah menu yang ada gambar ‘Kunci Inggris’ lalu pilihlah option.Di dalamnya terdapat banyak pilihan seperti menjadikan Chrome sebagai default browser,mengganti default Search,mengganti bahasa,dan lain sebagainya.

nah,itu dia seputar google chrome,kalo ada info terbaru bakalan aku psting deh,,,Suerrrr,,,hehe

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Chrome punya rahasia (walaupun nggak rahasia). Tapi banyak yg nggak tahu. Chrome nge-track kita yg menggunakannya. google ini kerjaannya nge-rekam perilaku orang. Pakai iron saja. Lebih KEREN.