Kamis, 18 Desember 2008

TEMA 3


MAU TAU PERBEDAAN DARI WEB 1,2 DAN 3????

Ada beberapa perbedaan lowh yang harus kita ketahui tentang Web 1,Web 2 dan Web 3....Nah,,view aja postingan ku buat referensi atau paling tyidak bisa menambah info atau pengetahuan kita seputar Web..okeyh??

Web 1.0 adalah web yang pertama kali di susun oleh tim Benners-Lee,untuk memberikan suatu informasi bagi user yang sangat memerlukannya. Di samping itu, web 0.1 tidak lebih sebagai majalah komputer, yang tampil pada sebuah monitor. Dengan kata lain Web 1.0 adalah nenek buyut suatu tipe web-web lain, yang di buat hanya untuk membaca file, tidak dapat kita isi file atau upload maupun ambil file atau download.Web ini merupakan web Read-Only atau dapat juga diartikan dengan Web yang hanya menampilkan topik yang hanya kita baca,view atau download saja.

Web 2.0 adalah sebuah revolusi bisnis di dalam industri komputer yang terjadi akibat pergerakan ke internet sebagai platform, dan suatu usaha untuk mengerti aturan-aturan agar sukses di platform tersebut.sebuah istilah yang dicetuskan pertama kali oleh O'Reilly Media pada tahun 2003, dan dipopulerkan pada konferensi web 2.0 pertama di tahun 2004,[1] merujuk pada generasi yang dirasakan sebagai generasi kedua layanan berbasis web seperti situs jaringan sosial, wiki, perangkat komunikasi, dan folksonomi—yang menekankan pada kolaborasi online dan berbagi antar pengguna. O'Reilly Media, dengan kolaborasinya bersama MediaLive International, menggunakan istilah ini sebagai judul untuk sejumlah seri konferensi, dan sejak 2004 beberapa pengembang dan pemasar telah mengadopsi ungkapan ini. Web Read-Write atau dapat diartikan dengan Web Yang dapat di upload dan download,dapat juga untuk tempat memberi forum dan juga dapat di rubah-rubah sesuai keinginan kita.

Web 3.0 adalah generasi ketiga dari layanan internet berbasis web. Konsep Web 3.0 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2001, saat Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web, menulis sebuah artikel ilmiah yang menggambarkan Web 3.0 sebagai sebuah sarana bagi mesin untuk membaca halaman-halaman Web. Hal ini berarti bahwa mesin akan memiliki kemampuan membaca Web sama seperti yang manusia dapat lakukan sekarang ini.Berhubungan dengan konsep Web Semantik, yang memungkinkan isi web dinikmati tidak hanya dalam bahasa asli pengguna, tapi juga dalam bentuk format yang bisa diakses oleh agen-agen software. Beberapa ahli bahkan menamai Web 3.0 sebagai Web Semantik itu sendiri.Konsep dimana manusia dapat berkomunikasi dengan mesin pencari. Kita bisa meminta Web untuk mencari suatu data spesifik tanpa bersusah-susah mencari satu per satu dalam situs-situs Web. Web 3.0 juga mampu menyediakan keterangan-keterangan yang relevan tentang informasi yang ingin kita cari, bahkan tanpa kita minta.
* Web semantik
* Format mikro
* Pencarian dalam bahasa pengguna
* Penyimpanan data dalam jumlah besar
* Pembelajaran lewat mesin
* Agen rekomendasi, yang merujuk pada kecerdasan buatan Web

Web 3.0 menawarkan metode yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online. Web 3.0 juga memungkinkan fitur Web menjadi sebuah sarana penyimpanan data dengan kapasitas yang luar biasa besar.
Walaupun masih belum sepenuhnya direalisasikan, Web 3.0 telah memiliki beberapa standar operasional untuk bisa menjalankan fungsinya dalam menampung metadata, misalnya Resource Description Framework (RDF) dan the Web Ontology Language (OWL). Konsep Web Semantik metadata juga telah dijalankan pada Yahoo’s Food Site, Spivack’s Radar Networks, dan sebuah development platform, Jena, di Hewlett-Packard.




Tidak ada komentar: