Kamis, 18 Desember 2008

TEMA 2

APA SIH BEDANYA JURUSAN SISTEM INFORMASI DENGAN JURUSAN-JURUSAN KOMPUTER YANG LAIN?
aia.......

taraaaaa....,topik baru,semangat baru dunk.tenang2,sekarang kita bahas masalah yang gak jauh dari keseharian kita?apakah ituuuuuu,,hehehehehe.Secara mahasiswa Si alias sistem informasi,harus tau dunk,apa bedanya jurusan SI dengan jurusan IT lainnya.Penasaran??okeh2,let's check it out.hahahahaha.

Dengan adanya perkembangan teknologi yang begitu pesat,begitu pula tak mau kalah pesatnya jurusan komputer yang didirikan di perguruan-perguruan tinggi yang berhubungan dengan teknologi informasi/komputer.Ini dalah salah satu peran dan kontribusi untuk menjadikan bangsa ini tetap dapat mengikuti perkembangan zaman yang semakin canggih.
Ada 5 jurusan yang menyangkut Computer atau IT:IS = Information SystemCS = Computer ScienceCE = Computer EngineeringIT = Information TechnologySE = Software Engineering
Perlu kita garis bawahi dulu bahwa secara konsep kurikulum bidang komputer di Indonesia sudah cukup baik. Kurikulum Indonesia mengacu dan mengadaptasi
Computing Curricula , yaitu panduan kurikulum bidang komputer (computing) yang diterbitkan secara bersama oleh ACM (the Association for Computing Machinery), AIS (the Association for Information System ) dan IEEE-CS (the IEEE Computer Society). Beberapa dokumen usulan kurikulum yang diajukan APTIKOM (Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer) saya lihat juga mengacu ke Computing Curricula 2001 dan 2005.
Namun,Indonesia hanya mengadaptasi dan bukan mengadopsi Computing Curricula, artinya bahwa tidak semua nama jurusan dan nama mata kuliah di Indonesia sama dengan apa yang ada di Computing Curricula. Computing Curricula memberikan panduan tentang penyelenggaraan, penamaan mata kuliah beserta pembobotannya dan penyusunan kurikulum pada 5 jurusan, yaitu: Computer Engineering (CE, Teknik Komputer), Computer Science (CS, Ilmu Komputer), Information Systems (IS, Sistem Informasi), Information Technology (IT, Teknologi Informasi), Software Engineering (SE, Rekayasa Perangkat Lunak). Adaptasi dan acuan kurikulum di Indonesia adalah:
1. Information System untuk Sistem Informasi atau Manajemen Informatika
2. Computer Science untuk program studi (jurusan) Teknik Informatika atau Ilmu Komputer
3. Computer Engineering untuk program studi (jurusan) Sistem Komputer atau Teknik Komputer
Nah,mengetahui ada 5 jenis jurusan yang berhubungan dengan komputer,timbul pertanyaan kita selaku mahasiswa/i sistem informasi mengenai apa sih perbedaan dari jurusan sistem informasi dengan jurusan komputer lainnya???
Sekarang akan kita lihat letak perbedaannya dengan mengulas satu-satu setiap jurusan tersebut.
Ø Information Systems (IS) mempelajari antara lain tentang bagaimana membangun dan mengintegrasikan solusi teknologi informasi dengan proses bisnis yang ada, sehingga suatu institusi bisnis akan dapat mencapai tujuannya dengan efektif dan efisien.

Ø Computer Engineering (CE) mempelajari antara lain tentang bagaimana mendisain dan merancang konstruksi komputer dan sistem berbasis komputer yang baik. Ilmu yang terlibat adalah tentang hardware, software, komunikasi dan tentu saja memahami proses interaksi antar bagian tersebut.

Ø Computer Science (CS) mempelajari antara lain tentang bagaimana mengembangkan robotik, computer
vision, intelligence system, bio-informatika, dan hal-hal lainnya yang terkait dengan pengembangan komputer kedepannya. Untuk itu, ilmuwan komputer ini harus memelajari berbagai hal secara teoritis hingga dasar-dasar algoritma dan mengetahui cara mengimplementasikannya.

Ø Information Technology (IT) mempelajari antara lain tentang bagaimana sebuah sistem informasi di sebuah institusi sudah tepat keberadaannya, berfungsi sesuai harapan, mudah dalam pengaturan operasional, serta aman. Selain itu aspek non-teknis semisal memahami kebutuhan dari pengguna akhir, menterjemahkan kebutuhan manajemen, dan hal-hal praktis lainnya juga dipelajari.
Ø Software Engineering (SE) mempelajari antara lain tentang bagaimana merancang-bangun dan memelihara sebuah sistem software yang reliabel, efisien, efektif serta mudah dikembangkan dan dapat memenuhi kebutuhan dari kustomer atau pengguna.
Pada dasarnya,Semua jurusan (program studi) sebenarnya memiliki mata kuliah yang boleh dikatakan sama,hanya pembobotannya berbeda. Bobot inilah yang nantinya menentukan jalur karier dan bidang kerja lulusan. Kompetensi lulusan setiap jurusan biasanya di desain seperti di bawah:
1. Information System (IS) (Jurusan Sistem Informasi atau Manajemen Informatika) diharapkan menghasilkan lulusan yag mampu menganalisa kebutuhan (requirement) dan proses bisnis (business process), serta mendesain sistem berdasarkan tujuan dari organisasi
2. Computer Engineering (CE) (Jurusan Sistem Komputer atau Teknik Komputer) diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu mendesain dan mengimplementasikan sistem yang terintegrasi baik software maupun hardware
3. Computer Science (CS) (Jurusan Teknik Informatika atau Ilmu Komputer) diharapkan menghasilkan lulusan dengan kemampuan yang cukup luas dimulai dari penguasaan teori (konsep) dan pengembangan software.
4. Information System (IS) (Jurusan Sistem Informasi atau Manajemen Informatika) diharapkan menghasilkan lulusan yag mampu menganalisa kebutuhan (requirement) dan proses bisnis (business process), serta mendesain sistem berdasarkan tujuan dari organisasi
5. Information Technology (IT) diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu bekerja secara efektif dalam merencanakan, mengimplementasikan, mengkonfigurasi dan memaintain infrastruktur teknologi informasi dalam organisasi.
6. Software Engineering (SE) diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu mengelola aktifitas pengembangan software berskala besar dalam tiap tahapannya (software development life cycle).
“Tuh kan,sekarang setelah dipelajari lebih detail,sudak jelas letak perbedaan antara jurusan sistem informasi dan jurusan komputer yang lainnya....”
Adapun untuk setiap area kompetensi di atas, masih terbagi lagi atas beberapa kriteria performance capability. Sehingga dari tabel tersebut akan dapat menjelaskan bahwa dari kelima jurusan yang ada (CE, CS, IS, IT dan SE), akan menghasilkan lulusan dengan kompetensi dan kapabilitas yang unik dengan karakteristik masing-masing.
Sistem informasi itu sendiri memiliki karakteristik khusus dimana nantinya lulusan dari jurusan tersebut berkecimpung di bidang manajemen informatika yang nantinya menganalisa kebutuhan serta proses bisnis.Owh iya,,,,BTW......................
Dokumen ‘Computing Curricula 2005′ tersebut dapat didownload di
http://www.acm.org/education/curric_vols/C...nal_Report2.pdf (887 kb).

Tidak ada komentar: